Pre-Technical Assessment - Sumedang Landslides Jan 2021


قدر الله وما شاء فعل

Longor dan longsor susulan yang terjadi di Dusun Bojongkondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang sabtu lalu menyebabkan beberapa orang meninggal dunia dan beberapa rumah hancur tertimpa material longsor.  إنا لله وإناإليه راجعون
اللهم اغفر لهم وارحمهم وعافهم واعف عنهم

Gambar di atas adalah hasil analisis awal Tim Engineering & Science
CRAST
mencoba untuk memetakan situasi longsor.




Terlihat situasi permukiman sebelum tertimpa longsor (Gambar 2) dan setelah longsor (Gambar 1).

Sebagai bentk tawakkal kita sebagai bagian dari mitigasi bencana, diperlukan analisis kestabilan lereng secara umum di area tersebut tidak hanya pada titik longsor.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya, antara lain topografi lereng mencakup external boundary dan material boundary dimana ada batas material yang mungkin memiliki sifat fisik & mekanika yang berbeda, faktor air terutama harus dimodelkan ketika hujan besar serta pola distribusinya termasuk vegetasi sekitar, faktor gaya-gaya luar yang bekerja, rekayasa kestabilan lereng yang pernah dilakukan, dll.

Dan semoga dari kejadian ini bisa diambil hikmah terutama dalam hal tata ruang tata wilayah dimana faktor geoteknik terutama pada area-area perbukitan harus menjadi pertimbangan utama disertai dengan analisis termasuk kestabilan lereng sebagai dasar perencanaan dan pembangunan.