Official Statement - 18012020A | COVID-19



بسم الله الرحمن الرحيم

Menyikapi pandemi Coronavirus COVID-19, CRAST menginformasikan beberapa hal terkait keberlangsungan beberapa program yang sedang berlangsung serta sikap dan himbauan.


*****

PERTAMA,

CRAST telah & akan menerbitkan artikel dari para ulama salah satunya di https://www.crast.org/2020/03/corona.html yaitu Enam Nasihat Dalam Menghadapi Virus Corona dari Asy-Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq Al-Badr حفظه الله.

Struktur nasihat tersebut dirasa sangat baik sebagai pegangan seorang muslim dan lengkap (dengan rincian pada masing-masing poin), yang diawali dengan bertauhid kepada Allah serta menjaga Allah 'azza wa jalla, kemudian pada poin ketiga diberikan penjelasan tentang menempuh sebab (pencegahan, pengobatan, termasuk doa & dzikir), waspada hoax, bersabar, serta ada musibah yang lebih besar yang harus kita khawatirkan.


*****

KEDUA,

Dari enam poin di atas, upaya pencegahan & pengobatan disebutkan dalam poin ke-3. Salah satu hal yang menjadi pembicaraan hari-hari ini adalah social distancing, yang bisa disarikan dari hadits Rasulullah ﷺ:

إِذَا سَمِعْتُمْ بِالطَّاعُونِ بِأَرْضٍ فَلاَ تَدْخُلُوهَا، وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلاَ تَخْرُجُوا مِنْهَا

"Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu." [HR Bukhari]

Namun banyak sekali upaya teknis yang memerlukan rekomendasi dari para ahli juga sesuai dengan protokol pemerintah. Hal ini terkait dengan posisi CRAST sebagai NGO yang aktif terjun dalam memberikan bantuan teknis bencana sehingga setidaknya kami memberikan sikap terkait tindakan-tidakan preventif yang sifatnya teknis (secara global) => dalam hal ini pemerintah Republik Indonesia sudah membentuk Gugus Tugas Penanganan Corona. Alhamdulillah pemerintah RI telah merilis website khusus:
https://www.covid19.go.id/
yang berisi panduan & update terkini berbagai info terkait COVID-19. Selain itu salah satu sumber rujukan terlengkap terkait COVID-19 ada di laman khusus Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/dokumen-resmi-kesiapsiagaan-menghadapi-novel-coronavirus-covid-19-revisi-ke-3/#
Sebagai seorang muslim, maka sikap kita adalah mematuhi protokol yang telah dibuat oleh pemerintah. Dalam hal ini berbagai materi terkait bisa diunduh secara lengkap di portal khusus:
https://infeksiemerging.kemkes.go.id/downloads/?dl_cat=7&dl_page=1#.XnGb8agzbIU


*****

KETIGA,

Terkait dengan beberapa program CRAST yang sedang berlangsung dan tidak terkait pandemi COVID-19, maka seluruhnya di-suspend hingga mengikuti perkembangan terutama dari pemerintah RI. 
  • Bogor, TPQ sementara di-suspend hingga kondisi memungkinkan, tabligh akbar berikutnya juga di-reschedule setelah 29 Maret (masa darurat bencana corona), termasuk rencana program pemberdayaan masyarakat.
  • Lombok, program pendidikan di desa binaan di-suspend. Untuk tim emergency response posisi stand-by dan apabila dalam masa darurat bencana corona terjadi bencana alam maka akan mengikuti arahan BPBD.
  • Sulawesi Tengah, program konstruksi tambahan bangunan mushala huntara Petobo sudah selesai, program optimalisasi & dakwah sementara di-suspend.
Selain beberapa program di atas terdapat program pengobatan gratis berkala di Kab Pelalawan Riau dan penelitian tentang pemetaan likuefaksi di Maluku yang pelaksanaanya di lapangan akan dilakukan penyesuaian.

Adapun program khusus terkait COVID-19 hingga masih dalam tahap study serta diskusi dengan pembina, pakar, dan mengikuti protokol pemerintah RI. Jika ada program khusus akan diumumkan di website dan kanal media sosial CRAST.


*****

KEEMPAT,

Tim relawan inti CRAST sekitar 40% adalah tenaga medis dan kebanyakan adalah dokter yang saat ini juga sedang berjuang di garda terdepan menanggulangi dampak virus tersebut di berbagai fasilitas kesehatan tempat mereka mengabdi. Hal ini juga dianggap mewakili program bantuan utama dan menjadi concern internal (dari aspek pembekalan aqidah, motivasi, dll bagi relawan medis) karena penanggulangan COVID-19 sifatnya integral. Hal ini juga mendasari belum adanya program bantuan medis CRAST yang biasa dilakukan sebagaimana bencana alam lain.


******

KELIMA,

CRAST menerima masukan, usulan kolaborasi baik yang sifanya kajian ilmiah (disiplin ilmu syar'i, medis, sistem informasi, geospasial, dll) maupun giat di lapangan serta permintaan bantuan tertentu (sebatas yang bisa ditangani dan sesuai protokol pemerintah). Terkait hal ini dapat menghubungi kami melalui email crast.official@gmail.com atau melalui DM facebook & instagram.


******

KEENAM,

Untuk bidang pendidikan, terkait dengan program belajar di rumah, melalui instagram @kids.tauhidorid disediakan tambahan materi belajar (printable worksheet, video, dll) untuk anak-anak.


************


Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala senantiasa memberikan Taufik dan perlindungan-Nya kepada kita.

[OfficialStatement - 18012020A]

Update Kegiatan: